Home » » Manusia dan Rekayasa Alam

Manusia dan Rekayasa Alam


Manusia bukan satu-satunya yang mampu merekayasa alam. Binatang merupakan makhluk-makhluk yang juga bisa merekayasa alam. Berang-berang misalnya mereka bisa merekayasa alam dengan menciptakan bendungan-bendungan. Suatu gerombolan besar makhluk dengan kegiatannya juga bisa menyebabkan perubahan yang luar biasa di kehidupan alam. Ini bukanlah hal yang baru, perkembangan hewan dan tumbuhan bisa menyebabkan perubahan yang besar dalam kehidupan alam.
Namun rasanya tidak pernah di dunia ini saya mengetahui perubahan dan rekayasa seperti yang dilakukan oleh manusia. Dengan pikirannya yang berkembang cepat. Manusia bisa menghasilkan teknologi yang maju dan canggih. Dengan pikirannya dan teknologi yang dimilikinya manusia bisa memanipulasi alam sekehendak hatinya. Walaupun masih terbatas namun setidaknya mereka bisa menghasilkan berbagai perubahan yang menakjubkan dan luar biasa.

Mereka seakan bisa menciptakan lingkungan sendiri. Mereka bisa memanipulasi tidak hanya benda mati namun juga bisa merekayasa benda hidup. Dengan kemampuan ini manusia bisa bertahan hidup di dunia ini. Mereka juga bisa menghasilkan perubahan besar yang sangat menakjubkan.
AC misalnya. Dengan menggunakan AC mereka bisa menciptakan kondisi keadaan lingkungan yang sangat bertolak belakang dengan alam sekitarnya. Seakan-akan mereka menghasilkan sesuatu yang mampu membuat mereka mengalihkan diri dari iklim yang panas. Manusia bisa meniru suatu kondisi di mana iklim dingin padahal mereka berada di iklim tropis. Belum lagi kegiatan besar seperti membuat bendungan dan semacamnya.
Apalagi perbuatan manusia ini seringkali direncanakan. Manusia dengan pikirannya bisa merencanakan dalam memanipulasi suatu daerah alami. Kemampuan manusia dalam merekayasa alam ini terus berkembang hari demi hari. Semakin hari kemampuan manusia ini semakin bertambah dengan bertambahnya teknologi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia.

0 komentar:

Posting Komentar