Home » » Tips Mudah membuat Antena TV Indoor Sendiri

Tips Mudah membuat Antena TV Indoor Sendiri

Membuat atau bikin sendiri antena tv indoor sebenarnya tidaklah sulit cukup dengan menggunakan bahan-bahan bekas saja memang hasilnya tidak semaksimal buatan pabrik apalagi dari bentuknya. Seperti di ketahui antena tv ada yang Outdor dan ada juga yang indor dimana penempatan kedua jenis antena ini sangatlah jelas. Antena tv outdor ditempatkan diluar rumah dan biasanya membutuhkan ketinggian yang cukup agar antena benar-benar dapat menangkap siyal yang dipancarkan dari stasiun relay. sedangkan untuk antena indor biasanya ditempatkan didalam rumah dan tidak jauh dari perangkat tv, antena indor biasanya banyak digunakan didaerah perkotaan atau dekat dengan stasiun pancar ulang/relay. Umumnya Frekuensi TV bekerja di VHF dan UHF nah antena indor yang akan dibuat kali ini untuk UHF terus terang saja siaran yang bagus-bagus banyak di UHF seperti NDOSIAR, RCTI, SCTV, GLOBALTV, ANTV, TVONE, TRANSTV,TRANS7. Sedangkan VHF seperti TVRI.

Nah, untuk Membuat Antena TV Indoor Sendiri Diperlukan Alat Dan Bahan - Bahan Sebagai Berikut :

Alat Dan Bahan - bahannya.
1. Alumunium Bekas dari Plat Motor
2. Pipa Bekas
3. Kawat Jemuran
4. Kaleng Bekas
5. Kabel Coaxial 75 Ohm
6. Konektor RF untuk ke jack antena
7. Gergaji Besi
8. Baut Scrup
9. Palu
10. Obeng


Sebelum Merangkai ada baiknya lihat Dulu Penampakan Antena Indoornya

 

Untuk Detailnya Ini Penampakannya



Setelah bahan-bahan yang diperlukan ada, Potong Pipa sesuai keinginan anda, dan Potong Pipa kira2 8cm untuk kedudukan plat sekaligus untuk menyambungkan kabel coaxialnya, setelah pipa 8cm tadi selesai dipotong pasang plat satu dan satunyalagi dan beri jarak antara kedua itu kira-kira 1.5cm, dan bagian tengah pipa itu berikan baut skrup atau lem ke pipa penyangga. Dari Penampakan Diatas Cara Buat Antena TV Indor Sendiri Terlihat, yang Berfungsi sebagai Antenanya adalah Plat Alumunium yang awalnya dari Plat Motor Atau Sejenisnya, sebelum menempatkanya Potonglah Pplat Motor Tersebut dengan ukuran yang sama panjangnya kira 12 cm, ada baiknya Diketok Atau Di Amplas Terlebih dahulu Plat Nomer tesebut Biar Angka-angkaya Rata, Kalo Gak Ente Bisa Kena Tilang..

Kemudian Potong Kawat 4a sepanjang 27 cm, Kawat 4b sepanjang 17 cm, dan 4C sepanjang 11 cm, pasang seperti gambar tempatkan dipipa penyanggahnya, jarak antara kawat 4a dengan tengah bagian plat tadi kira-kira 3 cm dan begitu juga jarak kawat 4b kira-kira 3 cm, sedangkan jarak antara kawat 4b dengan 4c kira-kira 4 cm. Untuk Kabel Coaxialnya jangan terlalu panjang secukupnya saja sebaiknya kurang dari 1 Meter, kalau kepanjangan fungsi antena berkurang karena sinyal yang diperoleh tidak begitu kuat dan tidak ada penambahan penguat seperti boster memungkinkan sinyalnya akan habis dikabel.
 

0 komentar:

Posting Komentar